loading...

Cara Bertasbih Dengan Jari Tangan

Senang Rasanya Bisa Selalu berbagi ke sesama sodara seiman semoga senantiasa dalam beramal,baik itu dzikir,salawat dll,kali ini admin ingin berbagi cara menghitung tasbih dengan jari,cara menghitung,jumlah dzikir dengan jari,cara bertasbih yang benar,cara wirid dengan jari,manfaat dzikir dengan jari,cara berzikir dengan tasbih,semoga bermanfaat.

Dzikir adalah ibadah yang utama. Dalam sebuah riwayat disebutkan, perbandingan orang yang berdzikir dengan orang yang tidak berdzikir seperti orang yang hidup dengan orang yang mati. Kebutuhan manusia terhadap dzikir tak ubahnya kebutuhan ikan terhadap air.

https://dayahguci.blogspot.com/2017/09/cara-bertasbih-dengan-jari-tangan.html

Disebutkan secara hasan dalam Sunan Abu Dawud dan Sunan at-Tirmidzi, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberitahukan kepada seorang shahabiyah yang ikut hijrah ke Madinah agar menghitung dzikir dengan menggunakan ruas jari tangan.

Apakah hikmah di balik perintah ini?

امرهن ان يراعين بالتكبيروالتقديس والتهليل وان يعقدن بالانامل، فانهن مسؤولات مستنطقات

Anna an-nabiyya amara hunna an-yura’iina bi at-takbiiri wa at-taqdiisi wa at-tahliili, wa an-ya’qidna bil anaamili, fa innahunna mas-uulaatun mustanthiqaatun.

Nabi memerintahkan kaum wanita agar selalu membiasakan amalan dengan membaca takbir, taqdis, dan tahlil. Semua itu agar dihitung dengan ruas jari-jari tangannya. Karena di Hari Kiamat kelak, ruas-ruas jari tangan tersebut akan dimintai keterangan dan dituntut untuk berbicara.

Amalan ini diamalkan pada waktu dzikir dan ingin menghitung berapa jumlah dzikirnya,Keutamaan Berdzikir, Ramai ada sebagian muslim sesudah shlat wajib mereka dzikir dengan cara dua tangan (tangan kanannya dan tangan kirinya) atau dzikir dengan megunakan tasbeh yang merupakan sesuatu bukan perkara baru didalam agama islam, padahal dulu Rasulullah sallallahu alaihi wasalam bertasbeh dengn jari kanan beliau. Seperti yang dikisahkan oleh Abdillah bin Ummar Radhiyallahu anh, ia berkata :

رَ أَ يْتُ النَّبِيَّ يَعْقِدُ التَّسْبِيْحَ بِيَمِيْنِهِ

''Aku menyaksikan Rasulullah bertasbeh dengan (jari-jari) tangan kanan-nya.”

Hadis Riwyat. Abu Daud (2/81), Ath-Tarmudzi (5/521), dan lihat juga Shahihul Jami’k(4/271, nomr. 4865).Nabi Muhammad Khatamul Rusli

Cara Bertasbih Dengan Jari Tangan

Keutamaan Berdzikir Dengan Jari Tangan Kanan

Penjelasannya:Didalam hadis itu disyariatkan bertasbeh dengan jari jemarinya. Rasulullah saw menegaskan alasan beliau, antara lainnya di dalam riwayatnya yang menyebutkn bahawa jari Tangan Kanan jemarinya tersebut akan ditanyakn dan akan bicara sebagai saksinya bahawa mereka tau hal perkara tersebut. (Lihat kitab Tuhfah Ahwadi Syarah Sunnan ath Tarmudzi)

Seebak-baiknya petunjuk jalan kebenaran ialah pentunjuk Rasulullah saw.Demikianlah Keutamaan Berdzikir Dengan Jari Tangan Kanan Semoga Bermamfaat Bagi sahabat muslim Semuanya

Cara Bertasbih Dengan Jari Tangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rahmi Fajri